EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI BANTEN

Main Authors: Tasya, Siti Chaerunnisa, Fuad, Anis, Widyastuti, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/896/1/%28protect%29%20EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20SISTEM%20INFORMASI%20MANAJEMEN%20KEPEGAWAIAN%20%28SIMPEG%29%20DI%20BADAN%20KEPEGAWA.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/896/
http://ap.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Siti Chaerunnisa Tasya. NIM: 6661131655. Tahun 2017. Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten. Program Studi Ilmu Andministrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Anis Fuad, M.Si. Pembimbing II: Yeni Widyastuti, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas Penerapan, Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten. Permasalahan dari penelitian ini adalah: potensi dari SIMPEG yang belum digali lebih optimal lagi; Pegawai Negeri Sipil yang masih lamban dalam mengumpulkan data kepegawaian; dan proses peng-inputan data yang masih rumit. Metode penelitian ini adalah kuantitatif desktiptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas dari Tangkilisan (2005:139) yang terdiri 5 indikator yaitu: pencapaian target; kemampuan adaptasi; kepuasan kerja; dan tanggung jawab. Pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten sudah efektif, terdapat sebesar 68% dari angka maksimal yaitu 65%. Saran dari peneliti adalah untuk lebih menyederhanakan lagi keperluan data kepegawaian dengan menginput data terbaru saja, memproses peng-inputan data sesuai prosedur dan waktu yang telah ditentukan, dan memperbaiki menu dalam aplikasi terutama menu edit yang bisa dilakukan oleh seorang teknisi.