PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS XI PADA SUBKONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI SMA NEGERI 1 JAWILAN KABUPATEN SERANG
Main Author: | PUTRI SETYANI, NITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8955/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20VISUAL%2C%20AUDITORI%2C%20KINESTETIK%20%28VAK%29%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20DAN%20PSIKOMOTOR%20SISWA%20KELAS%20XI%20PADA%20SUBKONSEP%20STRUKTUR%20DAN%20FUNGSI%20SEL%20DI%20.PDF https://eprints.untirta.ac.id/8955/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual auditori kinestetik terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada subkonsep struktur dan fungsi sel kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain randomized control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes objektif berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest kognitif pada kelas kontrol adalah 69 dalam kategori cukup dan kelas eksperimen 76 dalam kategori baik. Nilai keterampilan psikomotor siswa di kelas kontrol adalah 84 dalam kategori baik dan kelas eksperimen 90 dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model VAK terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada subkonsep struktur dan fungsi sel kelas XI di SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang.