PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Main Author: | RAMADHANTI, RISKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8950/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20SOMATIC%20AUDITORY%20VISUALIZATION%20INTELLECTUALLY%20%28SAVI%29%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20KELAS%20VIII%20PADA%20KONSEP%20SISTEM%20EKSKRESI%20MANUSIA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/8950/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi. Metode yang digunakan yaitu quasy eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cileles pada bulan Mei tahun 2019. Sampel yang digunakan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif, angket sikap afektif, angket praktikum psikomotorik dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model SAVI terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik (p < 0,05) dengan perolehan rata-rata kemampuan kognitif kelas eksperimen 79,0 dan kelas kontrol 44,8. Kemampuan afektif kelas eksperimen 79,6 dan kelas kontrol 65,0. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berpengaruh pada hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada konsep sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileles.