PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Main Author: NURINSANI FADHILAH, NISA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8944/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20SEARCH%2C%20SOLVE%2C%20CREATE%2C%20AND%20SHARE%20%28SSCS%29%20TERHADAP%20KETERAMPILAN%20PROSES%20SAINS%20PADA%20KONSEP%20PENCEMARAN%20LINGKUNGAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8944/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap keterampilan proses sains pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April s.d Mei Tahun Ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 4 kota Serang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik claster sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi keterampilan proses sains dan tes uraian keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji independent sampel T Test dengan taraf signifikan 0,05. Data hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan rata-rata anatar kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai Sig.(2-tailed) post test lebih kecil dari 0,05 (0,000 0,05), artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap keterampilan proses sains pada konsep pencemaran lingkungan.