PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA
Main Author: | OKTAVIANI, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8943/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20BASEDLEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20SISWA%20PADA%20KONSEP%20KEANEKARAGAMAN%20HAYATI%20KELAS%20X%20SMA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/8943/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep keanekaragaman hayati kelas X. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomize Control Group Only. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Serang kelas X semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan kategori baik (76,75), sedangkan kelas kontrol dengan kategori cukup (64,64). Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji T pada taraf signifikan diperoleh nilai signifikansi (0,00) < (0,05) artinya H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep keanekaragaman hayati kelas X di MAN 2 Kota Serang.