PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) -HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA

Main Author: Awaliah, Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8935/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20LOGAN%20AVENUE%20PROBLEM%20SOLVING%20%28LAPS%29%20-HEURISTIK%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIS%20DITINJAU%20DARI%20SELF-EFFICACY%20SISWA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8935/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa saat pembelajaran matematika. Masih terdapat siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut salah satunya yaitu dipengaruhi oleh self-efficacy siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristik. Dengan menggunakan pembelajaran LAPS-Heuristik siswa tidak hanya diarahkan untuk menemukan solusi dari masalah yang diberikan, akan tetapi pembelajaran tersebut juga mampu melatih siswa untuk memiliki prosedur pemecahan masalah, membuat analisis dan evaluasi terhadap hasil pemecahannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang memperoleh pembelajaran LAPS-Heuristik dengan pembelajaran yang tidak menggunakannya, serta untuk mengetahui pengaruh tingkat self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 15 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristik berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran tersebut (3) Tingkat self-efficacy berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.