KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG

Main Authors: Wati, Rezki Handoyo, Sjafari, Agus, Fuad, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/893/1/KINERJA%20PELAYANAN%20PUBLIK%20BERBASIS%20E-GOVERNMENT%20DI%20DINAS%20KEPENDUDUKAN%20DAN%20PENCATATAN%20SIPIL%20KOTA%20SE%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/893/
http://ap.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Rezki Handoyo Wati. NIM 6661132249. Kinerja Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I Dr. Agus Sjafari M. Si. Dosen Pembimbing II Anis Fuad M.Si Penelitian ini dilatar belakangi karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama disegala aspek terutama dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah teknologi yang berbasis web yang sering disebut dengan internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan berbasis e-government yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Serang. Metode yang peneliti gunakan kualitatif deskriptif. Indikator yang digunakan adalah lima dimensi Balanced E-Government Scorecard dari Booz Allen dan Hamilton. Dari lima dimensi tersebut dapat diidentifikasi beberapa masalah utama yang perlu mendapatkan perhatian untuk membangun dan mengembangkan pelayanan berbasis e-government. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang masih memiliki masalah dalam pelayanan publik berbasis e-government dalam pembuatan dokumen kependudukan Kota Serang. Hal tersebut dibuktikan dengan belum memadainya server dan jaringan yang di gunakan dalam pelayanan berbasis e-government di Disdukcapil Kota Serang, belum maksimalnya software yang digunakan oleh Disdukcapil Kota Serang., belum terpenuhinya standar Sumber Daya Manusia pelaksanaan e-government, lambatnya pelayanan dengan basis e-government dan pemberian informasi kepada masyarakat. Namun, dengan adanya perencanaan yang Disdukcapil Kota Serang inginkan yaitu pelayanan online berbasis android agar dapat segera direalisasikan agar pelayanan e-government dapat lebih mudah digunakan. Disdukcapil Kota Serang memberikan rekomendasi bahwa pelayanan berbasis online harus lebih memperhatikan aspek penting seperti server dan jaringan, kualifikasi khusus untuk pegawai di divisi Pengelolaan Informasi Teknologi dan Komunikasi, sistem hardware dan software yang selalu bermasalah dengan memiliki jaringan internal, dan server dengan kapasitas RAM yang lebih banyak. Kata kunci : e-government, pelayanan online, pelayanan publik