PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG
Main Author: | SAKILAH, DHIVA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8889/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20STUDENT%20TEAM%20ACHIEVMENT%20DIVISION%20%20%28STAD%29%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20%20SOSIOLOGI%20DI%20SMA%20NEGERI%202%20PANDEGLANG.pdf https://eprints.untirta.ac.id/8889/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 2 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Post Test Only Control Group Design. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pandeglang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian di uji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan. Analisis data terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data, setelah data dinyatakan normal dan homogen, dilanjutkan dengan statistik lanjut menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji t diperoleh Sig 0,023 < 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar sosiologi dengan model pembelajaran STAD lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.