PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PADA SISWA SMP

Main Author: Aulia Meiliana Nurhayat, Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8884/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20INKUIRI%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PENALARAN%20MATEMATIS%20DAN%20KONEKSI%20MATEMATIS%20PADA%20SISWA%20SMP.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8884/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Penalaran matematis dan kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Model pembelajaran inkuiri diyakini mampu meningkatkan kemampuan penlaran matematis dan koneksi matematis pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Tangerang tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis dan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan jenis desain the nonequivalent pre-test post-test control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Tangerang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan Penalaran matematis dan instrumen tes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Selain itu, terdapat hubungan yang positif antara kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan koneksi matematis.