PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA KONSEP TEKANAN ZAT

Main Author: MAHARANI, SINDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8875/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20INKUIRI%20TERBIMBING%20TERHADAP%20LITERASI%20SAINS%20PESERTA%20DIDIK%20KELAS%20VIII%20P.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8875/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains peserta didik pada konsep tekanan zat kelas VIII di SMPN 3 Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yaitu dengan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu cluster sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Instrument yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi dan lembar angket. Terdapat perubahan skor pretest dan posttest, dengan rata – rata nilai pretest sebesar 58,33 kemudian meningkat menjadi 71,33 hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor tes pada aspek konteks sebesar 15,96%, aspek kompetensi 13,38%, aspek pengetahuan 11,33%, dan aspek sikap 24,45%. Hasil uji t diperoleh nilai sebesar 0,001 ˂ 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII SMPN 3 Cilegon