PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG)
Main Author: | AMALIA AFRRIDATUNNISA, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8870/1/PENGARUH%20MODEL%20INKUIRI%20TERBIMBING%20TERHADAP%20KETERAMPILAN%20PROSES%20SAINS%20%28KPS%29%20SISWA%20PADA%20KONSEP%20SISTEM%20EKSKRESI%20%28KELAS%20VIII%20SMP%20NEGERI%202%20KOTA%20SERANG%29.PDF https://eprints.untirta.ac.id/8870/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kota Serang tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian berjumlah 78 siswa yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains (pretest dan postest) dan lembar observasi pelaksanaan model inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pre test mendapatkan skor rata-rata 49,23 dengan kriteria kurang dan pada post test mendapatkan skor rata-rata 75,25 dengan kriteria baik dan nilai rata-rata observasi pelaksanaan model inkuiri terbimbing yaitu 84% dengan kriteria baik. Hasil uji Independent Sample T Test pada taraf signifikasi α = 0,05 menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem ekskresi (kelas VIII SMPN 2 Kota Serang).