PENGARUH MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Tahun Ajaran 2018/2019)
Main Author: | SAFRINA WAHYUNINGTYAS, PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8865/1/PENGARUH%20MODEL%20CORE%20DENGAN%20PENDEKATAN%20OPEN%20ENDED%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20DAN%20BERPIKIR%20KREATIF%20MATEMATIS%20SISWA%20SMP.pdf https://eprints.untirta.ac.id/8865/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Model pembelajaran CORE dengan pendekatan open ended diyakini mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh model CORE dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest posttest control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Serang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran CORE dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis.