PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 1 CIPANAS KAB. LEBAK

Main Author: Masyanah, Sit
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8853/1/PENGARUH%20KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20DAN%20EFEKTIVITAS%20PEMBELAJARAN%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20BAHASA%20INDONESIA%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMPN%201%20CIPANAS%20KAB.%20LEBAK.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8853/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas Kab. Lebak; (2) pengaruh efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas Kab. Lebak; dan (3) pengaruh kompetensi profesional guru dan efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas Kab. Lebak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, B, dan C SMPN 1 Cipanas berjumlah 80 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang digunakan untuk memperoleh data variabel kompetensi profesional guru dan efektivitas pembelajaran, serta menggunakan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data nilai UAS semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji instrumen dilakukan pada 30 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas dengan hasil 36 butir pernyataan valid dan reliabilitas pada kategori tinggi untuk angket kompetensi profesional guru, dan 43 butir pernyataan valid dan reliabilitas pada kategori tinggi untuk angket efektivitas pembelajaran. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas Kab. Lebak dengan rx1y=0,923 (kategori sangat kuat), r2=0,851, thitung=21,114, ttabel=1,991 dengan signifikansi 5%; (2) Ada pengaruh positif dan signifikan efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas Kab. Lebak dengan rx2y=0,929 (kategori sangat kuat), r2=0,863, thitung=22,170, ttabel=1,991 dengan signifikansi 5%; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru dan efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Cipanas Kab. Lebak dengan rx1x2y=0,93 (kategori sangat kuat), r2=0,86, Fhitung=238,88, Ftabel=1,991 dengan signifikansi 5%. Deskripsi angket variabel kompetensi profesional guru sebesar 83%, variabel efektivitas pembelajaran sebesar 77%, dan nilai UAS siswa sebesar 46%. Sumbangan relatif kompetensi profesional guru sebesar 31,29% dan sumbangan efektif sebesar 26,91%. Sumbangan relatif efektivitas pembelajaran sebesar 68,71% dan sumbangan efektif sebesar 59,09%.