PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ciruas)

Main Author: Damayanti, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8850/1/PENGARUH%20KEBIASAAN%20BELAJAR%20SISWA%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN%20%28Studi%20Korelasi%20Pada%20Siswa%20Kelas%20VIII%20di%20SMPN%201%20Ciruas%29.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8850/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Oleh : Putri Damayanti 2286142458 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket kebiasaan belajar siswa menggunakan skala likert dan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data didapatkan koefisien korelasi pada penelitian ini adalah 0,69 dan termasuk kedalam kategori kuat. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif. Hasil uji signifikan korelasi pada taraf signifikan α = 0,1 diperoleh thitung = 6,248 dan ttabel = 1,663. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.