PENGARUH EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN CIKUPA

Main Author: OLIVIANTI, YULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8846/1/PENGARUH%20EMOTIONAL%20SPIRITUAL%20QUOTIENT%20%28ESQ%29%20DAN%20%20METAKOGNISI%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PENALARAN%20MATEMATIS%20SISWA%20SEKOLAH%20MENENGAH%20PERTAMA%20DI%20KECAMATAN%20CIKUPA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8846/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di empat sekolah di Kecamatan Cikupa meliputi SMPN 1 Cikupa, SMPN 2 CIKUPA, SMPI Ash-Shibgoh dan SMP Muhamadiyah 48 Cikupa tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan metakognisi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode survei. Penelitian ini melibatkan sepuluh kelas yang terdiri dari 332 siswa sebagai sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Cikupa sebanyak 7103 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan penalaran matematis, instrumen nontes berupa angket Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan angket metakognisi. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Emotional Spiritual Quotient (ESQ) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 75.92 %,dan pengaruh yang signifikan antara metakogisi terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 57.22%, serta hasil penelitian menggunakan uji korelasi ganda memberikan kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif antara Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan metakognisi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 0.8942 dengan interprestasi yaitu sangat kuat.