PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP BAHAYA MEROKOK BAGI SISTEM PERNAPASAN
Main Author: | NILASARI, DETI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8843/1/PENGARUH%20%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROJECT%20BASED%20LEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20SISWA%20PADA%20KONSEP%20BAHAYA%20MEROKOK%20BAGI%20SISTEM%20PERNAPASAN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/8843/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada konsep bahaya merokok bagi sistem pernapasan di SMP Negeri 14 Kota Serang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran pendidikan dalam mengatasi penyimpangan merokok, yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis siswa agar siswa mengetahui sendiri apa saja bahaya merokok, penggunaan model project based learning diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap bahaya merokok bagi sistem pernapasan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan menggunakan desain nonequivalent control group design, dimana terdapat kelas kontrol (VIII C) dan kelas eksperimen (VIII D) masing-masing berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis pada kedua kelas dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05, H1 diterima, dengan nilai indeks N-Gain kelas kontrol sebesar 0,13 yang berada pada kategori rendah, sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,38 yang berada pada kategori sedang. Persentase nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 78,1% berada dalam kategori baik dan kelas kontrol sebesar 65,1% berada dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.