PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH AL KHAIRIYAH CILEGON

Main Author: WIDYA WICAKSANA, REGGY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8837/1/PENERAPAN%20PERMAINAN%20MONOPOLI%20UNTUK%20MENINGKATKANN%20KEMAPUAN%20MOTORIK%20HALUS%20ANAK%20CEREBRAL%20PALSY%20DI%20SKH%20AL%20KHAIRIYAH%20CILEGON.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8837/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy melalui media permainan monopoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan melalui grafik garis. Subjek dalam penelitian ini terfokus pada seorang anak cerebal palsy kelas VIII SMPLB dengan inisial FZ. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy kelas VIII SMPLB di SKh Al-Khairiyah Cilegon. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata perolehan data pada ketiga target behavior. Hasil yang didapat dari target behavior 1 (menjangkau benda) pada fase A1 (baseline 1) adalah 50%, setelah dilakukanya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 87,5% dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 78,25%. Untuk target behavior 2 (memegang) hasil rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 43,75% setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 82%, dan setelah diberikan intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 71,85%. Lalu untuk target behavior 3 (menggerakan pergelangan tangan) hasil rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 50%, setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 92%, dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 81,25%. Dengan demikian maka ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy kelas VIII SMPLB di SKh Al-Khairiyah Cilegon.