PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TKIT Villa Madani Kota Cilegon-Banten)

Main Author: WULANDARI, DEBBY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8828/1/PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20SOLVING%20ANAK%20USIA%205-6%20TAHUN%20%28Penelitian%20Deskriptif%20Kualitatif%20di%20TKIT%20Villa%20Madani%20Kota%20Cilegon-Banten%29.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8828/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Problem Solving pada anak harus diterapkan sejak usia dini, penerapan pembelajaran problem solving di sekolah efektif membantu anak dalam berpikir kreatif dan terampil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran problem solving anak usia 5-6 tahun di TKIT Villa Madani Kota Cilegon Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilakukan pada anak usai 5-6 tahun di kelompok B dengan jumlah sebanyak 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran problem solving anak usia 5-6 tahun di TKIT Villa Madani sudah menerapkan pembelajaran problem solving dengan baik, seperti anak mampu menceritakan kembali pengalaman yang telah dilakukan, anak mampu berdiskusi ke sesama teman cara yang akan dilakukan, anak mampu melakukan kegiatan tepat waktu, anak mampu menggunakan bahan-bahan secara aktif dengan seluruh indra, anak mampu menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah, dan anak mampu menampilkan hasil karya dengan antusias. Untuk peran guru sebagai pendidik di sekolah berperan memberikan kepercayaan kepada anak dalam memutuskan dan menyelesaikan suatu masalah secara mandiri dan membimbing anak dalam penerapan pembelajaran problem solving sejak usia dini.