PENERAPAN MODEL STAD BERBANTU SIMULASI VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI

Main Author: HARIS, RIZAL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8827/1/PENERAPAN%20MODEL%20STAD%20BERBANTU%20SIMULASI%20VIRTUAL%20PHET%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20KOGNITIF%20SISWA%20SMA%20KELAS%20XI.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8827/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1)mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD berbantu simulasi virtual PHET: (2) mengetahui apakah hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD berbantu simulasi virtual PHET tidak lebih baik atau lebih baik dari hasil belajar kognitif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif bertipe STAD. Desain dari penelitianini adalah quasi – experimental designs dengan pretest dan posttest equivalent group design (design kelompok kontrol pretes postes). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Serang . metode pemilihan sempel yang di gunakan adalah metode purposeive sampling, sempel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan obsevasi dan pengukuran menggunakan tes.Uji validitas intrumen dilakukan expert judgment dan untuk soal tesmenggunakan analis bitir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya.Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung menggunakan rumus K – R. 20. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji – t polled varians dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD berbantu simulasi virtual PHET mempunyai score gain yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,74 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran STAD mempunyai score gain sebasar 0,57; dan (2) rata – rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode STAD berbantu simulasi virtual PHET lebih baik dari rata – rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji – t polledvarians pada nilai posttest siswa yang menunjukan bahwa thitung yaitu sebesar 7,04 lebih besar dari ttabel yang hanya sebesar 1,67.