PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP

Main Author: ALVIAH, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8824/1/PENERAPAN%20MODEL%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIS%20DAN%20SELF%20CONFIDENCE%20SISWA%20SMP.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8824/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa, sehingga diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning dan model pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Cilegon tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan dua kelas diambil sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes skala self confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.