PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Author: | Nur Afinda, Bella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8816/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20DIVISION%20%20%28STAD%29%20DENGAN%20WORD%20SQUARE%20TERHADAP%20MOTIVASI%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/8816/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan word square terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah control group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK PGRI 31 Legok Kabupaten Tangerang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Instrunen yang digunakan yaitu RPP, tes hasil belajar, dan angket. Teknik pengumpulan data dalam dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes yang terdiri dari pretest, posttest, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan word square. Hal ini dapat dilihat dari hasil deskriptif yaitu rata-rata motivasi belajar dari 88,30 meningkat menjadi 103,43 dan rata-rata hasil belajar dari 67,20 meningkat menjadi 84,10.