PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK- PAIR-SHARE BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM IMPULS

Main Author: SALMAH, AJRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8814/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20THINKPAIR-SHARE%20BERBASIS%20PROYEK%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20PADA%20MATERI%20MOMENTUM%20IMPULS.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8814/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi momentum impuls setelah menggunakan model pembelajaran Think-Pair- Share berbasis proyek pada siswa kelas X MIA 2 tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan bentuk desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yaitu siswa kelas X MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa yang diberikan model pembelajaran Think-Pair-Share dan kelas eksperimen yaitu siswa kelas X MIA 2 yang terdiri dari 30 siswa yang diberikan model pembelajaran Think-Pair- Share berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis proyek dengan yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share, dapat dilihat dari uji-t dua pihak yaitu lebih besar dari atau 3,34 ≥ 2,0021 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis proyek terdapat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share.