PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Studi Eksperimen siswa kelas VI SDN Sukajadi Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang)

Main Author: NUR UTAMI, MELANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8812/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20DISCOVERY%20LEARNING%20TERHADAP%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20PADA%20PEMBELAJARAN%20IPS%20KELAS%20V%20DI%20SDN%20SUKAJADI%201~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8812/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengtahui perbedaan pemahaman konsep belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning(DL)dengan yang menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT ) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sukajadi 1 Kecamatan Carita. (2)Untuk mengetahui model pembelajaran Discovery Learning(DL) dengan model model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT ) dalam pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Sukajadi 1 Kecamatan Carita. penelitian ini adalah kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa to = -9,628 dan p = 0,000 (p<0,05) berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara dan Pos-test pada kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa to = - 11,896 dan p = 0,000 (p<0,05) berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis ketiga terbukti kebenarannya hal ini menunjukkan motivasi awal t o = -0,643 dan p = 0,523; motivasi akhir to = 3,255 dan p = 0,002 (p < 0,05) berarti hal ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TGT dan metode ceramah terdapat perbedaan. Berdasarkan uji hipotesis keempat tidak terbukti kebenarannya hal ini menunjukkan pre-test to = 1,298 dan p = 0,201; post-test t o = 2,991 dan p = 0,005 (p<0,05) berarti hal ini menunjukkan bahwa rata-rata post-test baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan.