PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS

Main Author: Noeralifa, Azrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8803/1/PENERAPAN%20MODEL%20INKUIRI%20TERBIMBING%20TERHADAP%20AKTIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATERI%20REDOKS.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8803/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu sebesar 71,74% dengan kriteria baik (aktif). Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata- rata post-test setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada nilai rata-rata pre-test sebelum diterapkannya model pembelajaran (83,07>39,75) serta didukung dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,69 yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium real berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi redoks dengan hasil uji hipotesis (uji-t) 0,000.