PENERAPAN MEDIA VIRTUAL PHET PADA MATERI FISIKA GAS IDEAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA KELAS XI

Main Author: RIZKIYATULLAH, DIDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8781/1/PENERAPAN%20MEDIA%20VIRTUAL%20PHET%20PADA%20MATERI%20FISIKA%20GAS%20IDEAL%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PEMAHAMAN%20SISWA%20SMA%20KELAS%20XI.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8781/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas XI pada materi fisika Teori Kinetik Gas (Gas Ideal) menggunakan media pembelajaran Virtual PhET di SMA Negeri 1 Anyer. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pendidik yang masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang sama sejak dahulu yaitu metode pembelajaran ceramah yang membuat siswa itu monoton dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat pendidik untuk menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa SMA kelas XI dengan menggunakan virtual PhET pada materi Gas Ideal, 2) Mengetahui efektivitas peningkatan pemahaman siswa dengan proses pembelajaran fisika menggunakan media virtual PhET dan tidak menggunakan media virtual PhET pada materi Gas Ideal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitaif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman siswa yang dapat dilihat dari hasil analisis data yang telah uji Normalitas dan Homogenitas data yang menghasilkan nilai Gain dari skor Pre tes dan post tes kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Hasil Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol : 0,61 ≥ 0,23. Peningkatan pemahaman siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media Virtual PhET sebesar 0,61% sedangkan yang tidak menggunakan media virtual PhET yaitu sebesar 0,23 %. Adapun Efektivitas peningkatan pemahaman siswa dilihat dari hasil uji t dengan melewati uji Normalitas dan Homogenitas data Gain. Hasil yang diperoleh dari uji t adalah Adanya efektifitas peningkatan pemahaman siswa yang dapat dilihat dari perhitungan uji t yaitu: Nilai t tabel ≤ Nilai Uji t (2,0 ≤ 2,5). Jadi, data yang dihasilkan menunjukan adanya Efektivitas Peningkatan Pemahaman siswa SMA kelas XI dengan presentase t tabel 2% ≤ t hitung 2,5%.