PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PICTURE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Kelas V SD Negeri Serang 21

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8780/1/PENERAPAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20PICTURE%20CROSSWORD%20PUZZLE%20TERHADAP%20MINAT%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20KELAS%20V%20SD.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8780/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran picture crossword puzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ipa kelas V SD pada materi benda tunggal dan benda campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dilihat dari uji-t dua pihak dan diperoleh nilai yaitu, thitung > ttabel yaitu 2,71 > 2,02 maka H0 ditolak dan Ha diterima . Sedangkan untuk Uji-t satu pihak didapat hasil yaitu, nilai thitung > ttabel yaitu 2,71 > 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara minat belajar siswa yang menggunakan media picture crossword puzzle dengan minat belajar siswa yang menggunakan media gambar. Serta penggunaan media picture crossword puzzle lebih baik di bandingkan dengan media gambar.