PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Kubang Sepat 1 Kota Cilegon)

Main Author: Lia Lestari, Melda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8779/1/PENERAPAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20KARTU%20PASANGAN%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20KELAS%20IV%20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8779/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan media pembelajaran Kartu Pasangan terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar dengan materi pokok Kegiatan Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kubang Sepat 1 tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive, yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Kartu Pasangan dan Kelas IV B yang menggunakan media pembelajaran sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Kartu Pasangan dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran sederhana, dapat dilihat dari hasil uji T-tes dua pihak yaitu hitungt> tabelt (6,23 2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS yang menggunakan media pembelajaran Kartu Pasangan lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS yang menggunakan media pembelajaran sederhana, dapat dilihat dari hasil uji T-tes pihak kanan yaitu hitungt> tabelt(6,23 1,67), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan dan lebih baik antara siswa yang menggunakan media Kartu Pasangan dengan yang menggunakan media pembelajaran sederhana.