PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GIANT MAP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PETA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI SD NEGERI MANDALASARI 1 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mandalasari 1 Kabupaten Pandeglang)

Main Author: Siti Marhamah, Mia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8778/1/PENERAPAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20GIANT%20MAP%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20PETA%20SISWA%20DALAM%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20MATERI%20KEGIATAN%20EKONOMI%20DALAM%20MEMANFAATKAN%20SUMBER%20DAYA%20ALA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8778/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca peta siswa yang menerapkan media pembelajaran Giant Map. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol yang menerapkan media pembelajaran sederhana dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran Giant Map. Berdasarkan pengolahan data pretes diperoleh dengan rata-rata kemampuan membaca peta siswa dalam mata pelajaran IPS siswa kelas kontrol sebesar 30,5% sedangkan kelas eksperimen sebesar 20,94%. Dari hasil uji beda rata-rata nilai kelas pada taraf signifikansi= 0,01 diperoleh -2,33 dan . Dengan demikian kemampuan membaca peta siswa sebelum diberikan perlakuan adalah tidak ada perbedaan. Setelah diberi perlakuan dan kedua kelas diberikan posttes, hasil uji rata- rata posttes berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan membaca peta siswa kelas kontrol sebesar 36,83% dan kelas eksperimen sebesar 82,64%. Berdasarkan hasil penelitian dengan demikian bahwa kemampuan membaca peta siswa yang menerapkan media pembelajaran Giant Map terdapat perbedaan yang signifikan dan lebih baik daripada siswa yang menerapkan media pembelajaran sederhana.