PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Serang)

Main Author: Septiany, Rimma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8777/1/PENERAPAN%20MEDIA%20FLIPBOOK%20SEBAGAI%20SUMBER%20BELAJAR%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20PANCASILA%20DAN%20KEWARGANEGARAAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8777/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Serang melalui penerapan media Flipbook dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Serang yang berjumlah 38 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian PTK dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini berdasarkan pendapat Borich ditandai dengan meningkatnya motivasi siswa pada pratindakan, siklus I dan siklus II dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mencapai presentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam penerapan media flipbook dapat meningkatkan motivasi siswa di SMP Negeri 5 Kota Serang. Hal ini terbukti dengan meningkatkan motivasi siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan presentase motivasi yaitu pratindakan 48,82%, pada siklus I 68,03%, dan siklus II meningkat kembali menjadi 82,35%.