KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KOTA SERANG
Main Authors: | Rosdiana, Rosdiana, Widyastuti, Yeni, Listyaningsih, Listyaningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/858/1/KUALITAS%20PELAYANAN%20KESEHATAN%20DI%20PUSAT%20KESEHATAN%20MASYARAKAT%20%28PUSKESMAS%29%20KOTA%20SERANG%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/858/ http://ap.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Rosdiana. 6661122017. 2017. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Serang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Ilmnu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I : Listyaningsih, M.Si dan Pembimbing II : Yeni Widyastuti, M.Si. Penelitian ini mengenai Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Serang. Masalah penelitian terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas Puskesmas kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Parasuraman yang memiliki lima dimensi yaitu Tangiables, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pasien kunjungan rawat jalan di Puskesmas di Kota Serang yang berjumlah 150.562 orang. Sementara sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Area Rendom Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner, melakukan observasi, wawancara. Hasil penelitiannya adalah Kualitas pelayanan kesehatan di Kota Serang mencapai 59,39% yang mana menunjukan angka di bawah 65%, hal tersebut dikarenakan masih terdapatnya Puskesmas yang menyediakan fasilitas fisik yang kurang memadai, masih terdapatnya petugas yang memberikan pelayanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, keterlambatan membuka loket, kurang cepat nya pelayanan yang diberikan, kurangnya sosialisasi yang diberikan, dan masih terdapatnya petugas layanan yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saran dalam penelitian ini yaitu agar petugas yang berada di Puskesmas lebih memperhatikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga sarana dan prasarana yang disediakan. dengan begitu petugas bisa memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Puskesmas, Kesehatan, Kota Serang