STRATEGI KOMUNIKASI MANAJEMEN PROGRAM ACARA “PARANTI BABAUNG” DI RADIO PARANTI 105.6 FM PANDEGLANG
Main Author: | RAMADHAN, TAUFIQ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/845/1/Skripsi%20Taufiq%20Ramadhan%20%286662092267%29%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/845/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Skripsi. “Strategi Komunikasi Manajemen Program Acara “Paranti Babaung” Di Radio Paranti 105.6 Fm Pandeglang”. Dibalik maraknya fenomena band indie di Kota Pandeglang, ada hal menarik dicermati yaitu keberadaan mereka di hadapan masyarakat di Kota Pandeglang yang notabenya adalah Kota Santri. Image yang cenderung negatif tentang perilaku keberagaman musisi.Oleh sebab itu Radio Paranti membuat sebuah program acara musik yang bertemakan musik indie, Program musik selalu menjadi andalan setiap radio untuk menarik perhatian masyarakat khususnya kaum remaja. Selain itu paranti babaung selalu memberikan informasi tentang musik yang up to date yang terjadi dilauar negeri atau didalam negeri yang dikemas dengan ringan agar memudahkan para pendengarnya khususnya para remaja agar lebih bersemangat dan memacu kreativitas. Berdasarkan uraian diatas, peneliti ingin mengetahui strategi dan Manajemen yang digunakan Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang dalam pembuatan program acara Paranti Babaung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah, yaitu : pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, Radio Teori Manajemen dalam strategi nya untuk membuat sebuah program acara. Pertama mereka menentukan khlayak atau target sasaran nya, membuat pesan program acara tersebut, setelah itu menggunakan sebuah media yaitu radio. Setelah proses itu selesai mereka langgsung membuat proses manajemen mulai Perencanaan (planning),Pengorganisasian (organizinng),Pergerakan (actuating), dan terakhir Pengendalian/Pengawasan (controlling). Sehingga program acara Paranti Babaung pun berjalan. Dalam penelitian ini menemukan bahwa program acara paranti babaung mendapatkan respon positif dari pendengarnya. Mereka sangat setuju dengan program acara ini karena ini yang di inginkan oleh para anak-anak muda zaman sekarang yang menginginkan acara musik di radio dan bisa membuat kreatifitas bermusik. Dengan ini Strategi Radio Paranti sangat efektif dan tepat dalam pembuatan acara untuk disajikan pendengar, sehingga strategi komunikasi dan manajemen programnya sangat baik mulai dari penentuan khalayak, materi penyiaran dan eksekusi nya tepat sasaran.