Strategi Komunikasi Event Organizer Sunday Monday Management Dalam Mempromosikan Komunitas Band Indie di Banten
Main Author: | Franandar, Shandiansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/840/1/SKRIPSI%20-%20SHANDIANSYAH%20FRANANDAR%2C%206662091719%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/840/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Shandiansyah Franandar, NIM 6662091719 Skripsi Strategi Komunikasi Event Organizer Sunday Monday Dalam Mempromosikan Komunitas Band Indie di Banten. “EO Sunday Monday Management” dimana Sunday Monday Management ini merupakan sebuah EO musik di kota serang,. Untuk merangkul dan menjadi wadah bagi band- band indie, EO Sunday Monday management haruslah menjalin komunikasi yang baik dan mempunyai strategi dalam mengkomunikasikan pesannya. Agar band- band indie tersebut bisa dirangkul oleh EO Sunday Monday management. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa proses strategi komunikasi yang digunakan oleh EO Sunday Monday management dalam mempromosikan komunitas band indie di Banten. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini dengan mengacu pada konsep yang dikemukakan oleh Anwar Arifin Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah ketua EO Sunday Monday management, band indie yang di manajemeni, dan khalayak yang selalu hadir dalam seriap event yang diselenggarakan oleh EO Sunday Monday management. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi EO Sunday Monday management dalam mempromosikan komunitas band indie di Banten dilakukan melalui beberapa tahapan strategi, (1) EO Sunday Monday management melakukan analisis khalayak terlebih dahulu sebelum melaksanakan sebuah event, seperti aliran musik apa yang sedang digemari dan band indie mana yang sedang digemari, (2) strategi komunikasi yang dilakukan oleh EO Sunday Monday management sangatlah memanfaatkan media cetak dan elektronik, seperti flyers, facebook dan twitter,kadang dengan melakukan komunikasi tatap muka secara langsung, (3) strategi penggunaan metode yang digunakan EO Sunday Monday management dalam meningkatkan eksistensi band indie di Banten dengan menggunakan metode Repetition dan metode persuasif, (4) strategi seleksi penggunaan media yang digunakan EO Sunday Monday management adalah dengan menggunakan media cetak dan media baru yaitu internet dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, EO Sunday Monday management.