GAYA KOMUNIKASI PENYIAR ACARA MUSIK DI RADIO RAMALOKA FM

Main Author: Hardeanto, Ryan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/822/1/GAYA%20KOMUNIKASI%20PENYIAR%20ACARA%20MUSIK%20DI%20RADIO%20RAMALOKA%20FM%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/822/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Ryan Hardeanto. NIM. 100756. Skripsi. Gaya Komunikasi Penyiar Acara Musik di Radio Ramaloka FM Radio Ramaloka FM merupakan radio yang bersegmentasikan masyarakat menengah ke bawah yang mengusung format multi-segment. Hal ini dibuktikan dari adanya beragam lagu Indonesia mulai dari dangdut, pop, hingga tembang kenangan. Dengan ada sedikit lagu etnik atau daerah dan lagu mancanegara. Dalam melakukan tugasnya, penyiar di radio Ramaloka FM berperan sangat penting untuk membawa nama radio dalam menyampaikan hiburan dan informasi yang sesuai dengan segmentasi kepada pendengarnya. Maka dari itu, gaya komunikasi yang sesuai dengan segmentasi tersebut perlu dikuasai oleh penyiar agar pendengar tetap setia mendengarkan radio Ramaloka FM. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Logika Desain Pesan. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui wawancara mendalam dan observasi secara langsung di radio Ramaloka FM. Hasil dari penelitian ini yaitu Gaya Komunikasi di radio Ramaloka FM mayoritas menyesuaikan dengan pendengar yang dihadapinya. Selain itu, radio Ramaloka FM juga lebih mengutamakan pada interaksi antara penyiar dengan pendengar, sehingga pada radio ini lebih mengutamakan pada pendengar aktif. Meskipun hal ini lebih efektif pada program acara dangdut. Pembawaan penyiar pada saat membawakan suatu acara dilakukan dengan santai dan menghibur. Serta gaya percakapan setiap penyiar yang memiliki karakter berbeda. Untuk lebih mengakrabkan dengan pendengar, seringkali diadakan program off air yang melibatkan penyiar dan pendengar. Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Penyiar, Teori Logika Desain Pesan