PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL DAN AKHLAK MULIA PADA NARAPIDANA ANAK MELALUI KEGIATAN PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG

Main Author: NUPUS, HAYATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8207/1/PEMBINAAN%20PERILAKU%20SOSIAL%20DAN%20AKHLAK%20MULIA%20PADA%20NARAPIDANA%20ANAK%20MELALUI%20KEGIATAN%20PELATIHAN%20KECAKAPAN%20HIDUP%20DI%20LEMBAGA%20PEMBINAAN%20KHUSUS%20ANAK%20KELAS%20I%20TANGERANG.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8207/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh factor perilaku sosial yang rendah, akhlak mulia yang semakin menurun, rendahnya kemampuan kecakapan hidup (Life Skill). Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas I Tangerang?. (2) Bagaimana hasil proses pembinaan perilaku Sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang?. (3) Apa saja Faktor pendukung dan penghambat perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui (1) Proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas I Tangerang. (2) Hasil proses pembinaan perilaku Sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang. (3) Faktor pendukung dan penghambat perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, agar lebih tergambar jelas dalam penulisan hasil dari penelitian tersebut. Dan untuk mengetahui hasil dari penelitian, peneliti menggunakan kisi-kisi instrumen, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumntasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan seorang kepala bidang pembinaan, seorang instruktur pelatihan dan empat orang warga binaan anak. Hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan yaitu (1) Proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas I Tangerang, adanya tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Hasil proses pembinaan perilaku Sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang dapat disimpulkan bahwa perilaku sosial narapidana anak lebih baik, akhlak mulia narapidana anak terlihat lebih sabar, syukur dan tawadhu. Dalam kecakapan hidup narapidana anak sudah dapat membuka usaha sendiri setelah terbebas dari masa tahanan. (3) Faktor pendukung dan penghambat perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang adalah adanya motivasi diri, kesadaran diri, lingkungan keluarga dan lingkungan LPKA. Sedangkan faktor penghambatnya sifat malas dan mudah bosan, sarana prasarana, metode, instruktur dan petugas LPKA.