PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA PEMBUATAN EMPING CEPLIS BANTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOKASIONAL PADA ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS V SD DI SKH AL-KAUTSAR CILEGON BANTEN (Studi Kuantitatif Eksperimen One Group Pretest-Posttest di Kelas V SD SKh Al- Kautsar Kota Cilegon-Banten)
Main Author: | Saraswati, Rani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8184/1/PEMBELAJARAN%20KETERAMPILAN%20TATA%20BOGA%20PEMBUATAN%20EMPING%20CEPLIS%20BANTEN%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20VOKASIONAL%20PADA%20ANAK%20DENGAN%20HAMBATAN%20INTELEKTUAL.PDF https://eprints.untirta.ac.id/8184/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan emping ceplis khas Banten untuk meningkatkan kemampuan vokasional pada anak dengan hambatan intelektual (Studi Kuantitatif Eksperimen One Group Pretest-Posttest Kelas V SD di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon Banten). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan pendekatan One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa di SKh Al-Kautsar, Kota Cilegon Banten. Instrumen yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan emping ceplis Banten untuk meningkatkan kemampuan vokasional yaitu tes kinerja berupa lembar penilaian yang sesuai dengan target behavior yang ingin dicapai. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal siswa (pretest) sebesar 41, setelah dilakukan pembelajaran nilai rata-rata kemampuan siswa (posttest) menjadi 88. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa kesimpulan dari pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan emping ceplis Banten dapat meningkatkan kemampuan vokasional pada anak dengan hambatan intelektual kelas V SD di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon, Banten.