PENGARUH IKLAN, HARGA DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

Main Author: PRATIWI, DANIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/800/1/PENGARUH%20IKLAN%2C%20HARGA%20DAN%20CITRA%20MERK%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20PEMBELIAN%20SMARTPHONE%20IPHONE%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/800/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Dania Pratiwi. NIM.6662121842. Skripsi.Pengaruh Iklan, Harga dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone. Pembimbing I : Dr. Ing. Rangga Galura Gumelar, M.Si. dan Pembimbing II : Teguh Iman Prasetya. SE, M.Si. Penjualan iPhone setiap tahunnya selalu meningkat, terbukti dari data IDC bahwa penjulanan iPhone di Indonesia menduduki peringkat ke dua yakni Apple berhasil penjual smartphone iPhone sebanyak 74.8 unit setiap tahunnya, artinya pengguna iPhone sangatlah banyak di Negara Indonesia. Tentunya semua itu atas kerja keras perusahaan Apple yang selalu berusaha memasarkan produk iPhone dangan baik dan selalu menyusun strategi untuk membuat masyarakat terus percaya dan menyukai smartphoene iPhone misalnya dengan memasang iklan di televisi ataupun internet, dengan menentukan harga sesuai dengan kecanggihan smartphonenya dengan begitu citra merk iPhone kini sudah sangat baik di pikiran masyarkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh iklan, harga dan citra merk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Jenis penelitian bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan menyebar kuisioner kepada 93 responden di kalangan mahasiswa fakultas Hukum. Dari analisis korelasi, antara variabel iklan, harga dan citra merk memiliki hubungan yang sedang dan citra merk yang kuat. Setelah dilakukan uji regresi berganda dihasilkan persamaan Y = 15.235 + 0.213X1 + 0.187X2 + 0.504X3 dengan hasil uji T secara simultan mempunyai nilai fhitung lebih besar dari ftabel yakni 5.564>1.986 dan hasil uji F secara simultan mempunyai nilai fhitung lebih besar dari ftabel yakni 29.397>2.71 dengan hasil koefisien determinasi 49.7% yang menandakan bahwa keputusan pembelian smartphone iPhone dipengaruhi oleh iklan, harga dan citra merk, sementara sisanya sebesar 50.3% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan variabel citra merk lebih mendominasi mempengaruhi keputusan pembelian dibandingkan dengan iklan dan harga. Kata Kunci : Iklan, Harga, Citra Merk, Keputusan Pembelian, iPhone