Pengaruh Akun Instagram @indotravellers.co Terhadap Minat Travelling Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA Angkatan 2012 - 2014
Main Author: | FAUZI, MOHAMAD RISKY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/790/1/Mohamad%20Risky%20Fauzi%20-%206662120502%20-%20Ilmu%20Komunikasi%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/790/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Mohamad Risky Fauzi, NIM 6662120502. Skripsi. Pengaruh Akun Instagram @indotraveller.co Terhadap Minat Travelling Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA Angkatan 2012, 2013, 2014. Pembimbing 1: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si., Dan Pembimbing 2: Ikhsan Ahmad, S.Ip., M.Si. Akun Instagram @indotraveller.co merupakan salah satu akun bertemakan travelling yang bertujuan untuk mengenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia sebagai referensi tujuan travelling. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh akun Instagram @indotraveller.co terhadap minat travelling mahasiswa ilmu komunikasi UNTIRTA. Dipilihnya mahasiswa komunikasi UNTIRTA 2012-2014 sebagai responden, karena mahasiswa ilmu komunikasi merupakan pemerhati media yang baik serta umur responden pada angkatan tersebut masuk kedalam rentan umur pengguna Instagram terbanyak di Indonesia yaitu 18 – 24 tahun, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terletak di provinsi Banten yang dimana memiliki berbagai tempat wisata yang baik sebagai tujuan travelling. Penelitian ini menggunakan teori perbedaan individu yang menjelaskan jika setiap individu ketika diterpa media massa akan menimbulkan efek tertentu sesuai dengan stuktur psikologisnya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Dengan data yang diperoleh melalui kuisoner yang di sebar kepada 70 mahasiswa. Penelitian menunjukan thitung sebesar 7,584 sedangkan nilai ttabel adalah 1,667, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai thitung > ttabel atau 7,584 > 1,667, penjabaran tersebut menyatakan bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan atau terdapat pengaruh antara akun @indotraveller.co di Instagram terhadap minat travelling mahasiswa komunikasi UNTIRTA angkatan 2012 – 2014 dengan nilai korelasi 0,677 yang berarti hubungan antara kedua varibel kuat. Dengan nilai koefesien determinasi yang menandakan sebesar 44,5% variabel minat berpetualang mahasiswa ilmu komunikasi UNTIRTA adalah kontribusi dari variabel akun Instagram @indotraveler.co dan 55,5% lainnya dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Kata kunci : Media, Instagram, @indotraveller.co, Teori Perbedaan Individu