EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN (Studi Kasus di Kecamatan Kebon Jeruk)

Main Author: Sukriyandi, Sukriyandi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/779/1/EFEKTIVITAS%20PROGRAM%20KARTU%20JAKARTA%20PINTAR%20PADA%20JENJANG%20PENDIDIKAN%20SEKOLAH%20MENENGAH%20ATAS%20DAN%20KEJURU%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/779/
http://ane.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Sukriyandi. 6661121409. 2017. Efektivitas Program Kartu Jakarta Pintar Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (Studi Kasus Di Kecamatan Kebon Jeruk. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Dr. Agus Sjafari, M.Si dan Pembimbing II: Gandung Ismanto, S.Sos., MM. Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar untuk pembangunan bangsa. Maju tidaknya suatu bangsa tergantung pada kualitas pendidikan yang ada pada bangsa tersebut. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan pemerataan pendidikan. Pemerataan pendidikan yang dilakukan melibatkan pemerintahan daerah oleh masing-masing daerah otonom, tidak terkecuali Provinsi DKI Jakarta. Program Kartu Jakarta Pintar adalah program unggulan pemerintah DKI Jakarta yang bertujuan untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah di Jakarta. Dalam pelaksanaannya, program KJP mengalami beberapa hambatan antara lain penyalahgunaan kartu Jakarta pintar oleh siswa penerima KJP, penerimaan siswa KJP yang belum tepat sasaran, dan lemahnya pengawasan dari pelaksana program KJP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program KJP pada jenjang pendidikan SMA dan SMK di Kecamatan Kebon Jeruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Duncan dengan dimensi pencapaian tujuan, adaptasi, dan integrasi di dalamnya. Dalam dimensi pencapaian tujuan, masih terdapat beberapa kekurangan yaitu pembelanjaan dana KJP yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan sasaran penerima KJP yang belum memenuhi kriteria keluarga kurang mampu. Dalam dimensi integrasi, proses sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan oleh pelaksana program KJP sudah baik tetapi masih kurang dalam indikator pengawasan. Dalam dimensi adaptasi, terdapat masyarakat yang mendukung program KJP dan masyarakat yang menghambat program KJP. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan program KJP pada jenjang pendidikan SMA dan SMK di Kecamatan Kebon Jeruk masih kurang efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Pendidikan, Kartu Jakarta Pintar.