MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR PANAS CISOLONG KABUPATEN PANDEGLANG
Main Author: | Nuraida, Anisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/765/1/MANAJEMEN%20STRATEGI%20PENGELOLAAN%20OBJEK%20WISATA%20AIR%20PANAS%20CISOLONG%20KABUPATEN%20PANDEGLANG%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/765/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Anisa Nuraida. NIM 6661102254. 2016. Manajemen Strategi Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Cisolong Kabupaten Pandeglang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Ipah Ema Jumiati, S.Ip., M.Si. dan Pembimbing II: Riny Handayani, S.Si., M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi kurang tersedianya sarana dan prasarana, Persaingan dengan pihak swasta, Kurangnya Sumber Daya Manusia yang berbasis kepariwisataan. Lokasi pemandian ini terletak di Kampung Cisolong, Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang Banten. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana Manajemen Strategi Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Cisolong Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan teori manajemen Stategi dari Fred R david (2004). Dengan teknik analisis Strengths, Weaknes, Opportunities, Treaths. dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cisolong memiliki kekuatan dalam hal pemanfaatan kekayaan alam yang ada, sumber mata air panas menjadi objek wisata Air Panas Cisolong. Sedangkan Kelemahannya yaitu adalah Kurang tersediannya permainan untuk anak-anak, pihak swasta yang memiliki fasilitas permainan yang lebih lengkap, selain itu Kondisi Sumber Daya manusia di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang masih rendah secara kualitas dan kuantitas sehingga dapat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian sasaran organisasi. Peluang objek wisata Air Panas Cisolong untuk Kabupaten Pandeglang yaitu membuka lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar objek wisata Air Panas Cisolong. Persaingan dengan pihak swasta dalam Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Cisolong Kabupaten Pandeglang menjadi ancaman dalam persaingan pariwisata karna letak objek wisata Air Panas Cisolong dengan pihak swasta sangat dekat. Saran penelitian ini yaitu (1), memanfaatkan kekayaan alam secara optimal (2) objek wisata digelola oleh sumber daya manusia yang berkompenten (3) membuka lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar objek wisata (4) memperbaiki fasilitas yang kurang secara optimal. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Objek Wisata.