KONTRIBUSI PENGASUHAN ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SERTA IMPLIKASINYA BAGI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 7 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019)
Main Author: | Agustine, Fadilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7524/1/KONTRIBUSI%20PENGASUHAN%20ORANGTUA%20TERHADAP%20KEMANDIRIAN%20SISWA%20SERTA%20IMPLIKASINYA%20BAGI%20PROGRAM%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING.pdf https://eprints.untirta.ac.id/7524/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian di latar belakangi oleh adanya permasalahan kemandirian yang terjadi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan besaran kontribusi antara pengasuhan orangtua dengan kemandirian siswa, kemudian merancang program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiaan korelasi jumlah sampel sama dengan populasi sebanyak 96 siswa kelas XI SMAN 7 Kota Serang. Peneliti mengetahui permasalahan kemandirian melalui tiga aspek yaitu kemandirian emosional, kemandirian tingkah laku dan kemandirian nilai. Sedangkan pengasuhan orangtua yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa dilihat dari dua aspek yaitu kontrol dan kehangatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar instrument penelitian berupa angket. diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 dan pearson correlation sebesar 0,332. Artinya, nilai signifikansi 0,001 < 0,05 maka terdapat korelasi antara pengasuhan orangtua terhadap kemandirian. Dengan nilai pearson correlation 0,332 yang memiliki arti bahwa hubungan pengasuhan orangtua dengan kemandirian merupakan hubungan positif dengan tingkat interpretasi hubungan yang rendah karena, nilai 0,332 termasuk dalam interval koefisien 0,20-0,339. Diketahui besaran kontribusi pengasuhan orangtua terhadap kemandirian sebesar 11% sehingga setidaknya ada 89% faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemandirian siswa.