KEANEKARAGAMAN LIKEN BERDASARKAN KETINGGIAN DATARAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS EKOSISTEM DI CAGAR ALAM RAWA DANAU SERANG BANTEN (Sebagai Bahan Ajar Alternatif berupa Modul Berbasis Kontekstual pada Subkonsep Liken Kelas X SMA)
Main Author: | SULASANAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7506/1/KEANEKARAGAMAN%20LIKEN%20BERDASARKAN%20KETINGGIAN%20DATARAN%20SEBAGAI%20BIOINDIKATOR%20KUALITAS%20EKOSISTEM%20DI%20CAGAR%20ALAM%20RAWA%20DANAU%20SERANG%20BANTEN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/7506/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman liken berdasarkan ketinggian dataran sebagai bioindikator kualitas ekosistem di Rawa Danau. Pengambilan sampel liken menggunakan metode transek garis pada 100-130 mdpl, 130-160 mdpl, dan 160-187 mdpl dan metode jelajah digunakan pada 90 mdpl. Frekuensi dan tutupan talus liken dicatat. Keanekaragaman liken di Cagar Alam Rawa Danau sebanyak 63 spesimen diperoleh dari empat stasiun yang terdiri dari 19 spesies, 17 genus, dan 13 famili. Indeks keanekaragaman liken dihitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman liken berdasarkan ketinggian dataran di Rawa Danau dengan nilai H’ terendah hingga tertinggi sebesar 1.494 (100-130 mdpl), 1.625 (130-160 mdpl), 1.9567 (160-187 mdpl), dan 2.6678 (90 mdpl) termasuk kedalam kategori keanekaragaman sangat tinggi. Nilai keanekaragaman juga menentukan kualitas ekosistem pada seluruh lokasi penelitian. Pada seluruh ketinggian dataran (90, 100-130, 130-160, dan 160-187 mdpl) memiliki kualitas ekosistem sangat baik. Hasil dari penelitian diimplementasikan pada bidang pendidikan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran biologi pada subkonsep liken dalam bentuk modul berbasis kontekstual. Data penelitian keanekaragaman ini dijadikan konten tambahan dalam menyusun modul berbasis kontekstual. Modul pembelajaran dinilai dari aspek media dan aspek materi. Penilaian modul pembelajaran pada aspek media sebesar 88.75% dan pada aspek materi sebesar 90%. Modul pembelajaran tersebut dapat diketahui nilai akhir rata-rata yaitu sebesar 88.975% dengan kategori sangat baik digunakan sebagai bahan ajar siswa SMA kelas X pada mata pelajaran biologi.