Pengaruh Efektivitas Penarikan Retribusi Pasar Terhadap Kualitas Pelayanan Pasar (Studi di Pasar Serang Plaza Kota Serang)

Main Authors: Wibowowati, Bhakty Lia, Sjafari, Agus, Rahmawati, Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/75/1/SKRIPSI_Bhakty_Lia_Wibowowati.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/75/
Daftar Isi:
  • Bhakty Lia Wibowowati, 061467, Analisis Efektivitas Penarikan Retribusi Pasar Dan Kualitas Pelayanan Pasar Di Pasar Serang Plaza Kota Serang, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kata Kunci : Efektivitas, Retribusi Pasar, Kualitas Pelayanan Fokus penelitian ini adalah analisis efektivitas penarikan retribusi pasar dan kualitas pelayanan pasar dengan lokus penelitian di Pasar Serang Plaza Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penarikan retribusi pasar dan kualitas pelayanan pasar di Pasar Serang Plaza Kota Serang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan dua variabel mandiri, subyek penelitian ini adalah pedagang yang tercatat oleh DISPERINDAGKOP Kota Serang yang berada di Pasar Serang Plaza sebanyak 721 pedagang dan sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Instrumen penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dari teori efektivitas menurut Gibson memuat 6 indikator dan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman, dan Berry memuat 5 indikator. Penelitian ini menggunakan kuesioner, penelitian ini mengambil sampel berjumlah 130 orang berdasarkan rumus Herry King dari populasi sebesar 721. Untuk menganalisis data menggunakan uji hipotesis satu sampel untuk uji pihak kiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan efektivitas penarikan retribusi pasar yaitu efektif dan kualitas pelayanan pasar masih sedang atau kurang maksimal. Hasil perhitungan menyatakan bahwa untuk efektivitas penarikan retribusi pasar angka t hitung > t tabel (10,05 > – 1,657) dan didukung dari hasil yang dicapai yaitu 72,87 persen dari nilai yang diharapkan dan kualitas pelayanan pasar angka t hitung < t tabel (– 7,13 < –1,657) dan didukung dari hasil yang dicapai yaitu 56,69 persen dari nilai yang diharapkan.