HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA SERANG
Main Author: | Lestarina, Lestarina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7449/1/HUBUNGAN%20MINAT%20BELAJAR%20DENGAN%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20SEJARAH%20SISWA%20KELAS%20X%20SMA%20NEGERI%208%20KOTA%20SERANG.pdf https://eprints.untirta.ac.id/7449/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Serang Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi product moment. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 November – 7 Desember 2018. Minat belajar diukur menggunakan kuesioner, kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan tes berupa uraian. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata keseluruhan minat belajar siswa memperoleh hasil 7,46% dengan kategori baik dan rata-rata kemampuan berpikir kritis memperoleh 70,13% dengan kategori tinggi. Korelasi minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis mendapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,979 dengan kategori sangat tinggi. Minat memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar, sebab dengan minat siswa akan melakukan sesuatu yang diminatinya seperti rasa ketertarikan, partisipasi dan keinginan atau kesadaran . Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya korelasi hubungan minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Serang.