HUBUNGAN KECERDASAN NATURALISTIK DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG PADA SUBKONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Main Author: DWI RAHMADANI, SYEFIRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7445/1/HUBUNGAN%20KECERDASAN%20NATURALISTIK%20DENGAN%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20SISWA%20DI%20KELAS%20X%20SMAN%206%20KOTA%20SERANG%20PADA%20SUBKONSEP%20PENCEMARAN%20LINGKUNGAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/7445/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kecerdasan naturalis dengan kemampuan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan dan faktor lain yang mempengaruhinya selain kecerdasan naturalis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 6 di Kota Serang tahun akademik 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel sebanyak 30 siswa yaitu kelas X MIPA 2. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, dokumentasi, LKS, observasi, serta kuisioner. Berdasarkan hasil uji regresi dan uji linieritas maka dapat disimpulkan bahwa analisis regresi sederhana dengan persamaan Ŷ = 54,274 + 0,370X adalah signifikan dan linier. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif diperoleh nilai koefisien korelasi (ry) antara kecerdasan naturalis dengan kemampuan kognitif siswa sebesar 0,479. Nilai koefisien korelasi ini menunjukan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, berarti kecerdasan naturalis memberikan kontribusi sedang terhadap kemampuan kognitif siswa. Dalam penelitian ini, terdapat faktor lain yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa antara lain, strategi dan metode pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran di sekolah.