HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN CIPOCOK JAYA BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Cipocok Jaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020)
Main Author: | INAYATI, IIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7444/1/HUBUNGAN%20KECEMASAN%20MATEMATIS%20DENGAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMP%20NEGERI%20SE-KECAMATAN%20CIPOCOK%20JAYA%20BERDASARKAN%20AKREDITASI%20SEKOLAH.pdf https://eprints.untirta.ac.id/7444/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri yang disebabkan oleh beberapa faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal berasal dari luar diri siswa, seperti metode dan strategi pembelajaran. Sementara faktor internal atau yang berasal dari dalam diri siswa, seperti emosi dan kecemasan siswa terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika di SMP Negeri berdasarkan akreditasi sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Se-Kecamatan Cipocok Jaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menjadikan 3 kelompok sebagai sampel, yaitu Sekolah Akreditasi A, Sekolah Akreditasi B, dan Sekolah Akreditasi C di Kecamatan Cipocok Jaya. Data yang dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Cipocok Jaya dengan akreditasi sekolah A memiliki hubungan yang negatif dan signifikan serta tergolong dalam kriteria rendah yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,315 dan p < 0,05. 2) hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Cipocok Jaya dengan akreditasi sekolah B memiliki hubungan yang negatif dan signifikan serta tergolong dalam kriteria sedang sebesar -0,456 dan p < 0,05. 3) hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Cipocok Jaya dengan akreditasi sekolah C memiliki hubungan yang positif dan signifikan serta tergolong dalam kriteria sedang sebesar 0,532 dan p < 0,05. 4) Terdapat perbedaan rata-rata kecemasan matematis siswa kelas VIII SMP Negeri sekolah akreditasi A, B, dan C di Kecamatan Cipocok Jaya.