PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN TAMAN KECAMATAN KIBIN KABUPATEN SERANG

Main Author: NURHAYATI, NURHAYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7372/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20JIGSAW%20DENGAN%20MEDIA%20POWER%20POINT%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20K.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/7372/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurhayati(7772150078) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Dengan Media Power Point Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas VI SDN Taman Kecamatan Kibin Kabupaten Serang”. Tesis, Program StudiTeknologi Pembelajaran, Pascasarjana Sultan Ageng Tirtayasa, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS padamateri cara-cara menghadapi bencana alam dengan menggunakan pembelajarankooperatif tipe jigsawdengan media power pointpada siswa kelas VI SDN Taman Kecamatan kibin Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK inidilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan.Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI SDN Taman Kecamatan kibin Kabupaten Serang. yang berjumlah 49 siswa, terdiri atas 29 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkandata meliputi observasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan pada akhirpertemuan tiap siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes berbentuk pilihanganda dan lembar observasi proses belajar guru dan siswa. Teknik analisis datayang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajarankooperatif tipe jigsaw dengan media power point dalam pembelajaran IPS pada materi Cara-cara Menghadapi bencana alam telah berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Taman Kecamatan Kibin Kabupatean Serang. Adapun peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat dari pencapaian indikator 76 yaitu pada pra tindakan keaktifan mencapai 47,85. Pada siklus I 64,52, pada siklus II mencapai 76,06, dan peningkatan hasil belajarsiswa terlihat dari pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 yaitu,pada pra tindakan, ketuntasan prestasi belajar siswa baru mencapai 20 (%), nilai ratarata 41,63. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 61 (%), nilai rata-rata 67,14. Peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebanyak 41 (%).Selanjutnya, pada siklus II hasil belajarsiswa yang mencapai nilai KKM 70 sebanyak 86 (%), nilai rata-rata 75,31 selisih peningkatan nilai siklus I ke siklus II sebanyak 25 (%), dengan selisih nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II yaitu 8,17.Berdasarkan hasil di atas ditekankan agar seluruh siswa aktif dan dapat bekerjasama baik dengan siswa maupun siswa dengan guru dalampembelajaran/diskusi kelompok kecil pada pelajaran IPS, sehingga terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar sesuai yang diharapkan. Kata kunci: Keaktifan belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media power point