PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN ( ROLE PLAYING ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MINAT BERBICARA SISWA KELAS V-C SDN KADUMERAK 1 KECAMATAN KARANGTANJUNG TENTANG CERITA RAKYAT ASAL USUL PANDEGLANG
Main Author: | HERLINA, HERLINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7368/1/PENERAPAN%20METODE%20BERMAIN%20PERAN%20%20%28%20ROLE%20PLAYING%20%29%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20DAN%20MINAT%20BERBICARA%20SISWA%20KELAS%20V-C%20SDN%20KADUMERAK%201%20KECAMATAN%20KARANGTANJUNG%20TENTANG%20CERITA%20RAKYAT%20ASAL%20USUL%20PANDEGLANG.pdf https://eprints.untirta.ac.id/7368/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Herlina, 7771150043,Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Berbicara Siswa Kelas V-C SDN Kadumerak 1 Kecamatan Karangtanjung Pandeglang. Tesis Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan dan minat berbicara siswa kelas V-C SDN Kadumerak 1 sebanyak 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 13 Mei 2017 sampai 05 Juni 2017. Adapun metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan ,tes berbicara, dan observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data menunjukkan hasil berikut ini (1) penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan dan Minat berbicara Pada siklus I hasil tes berbicara aspek tema dan latar cerita siswa mendapatkan nilai 2100 dengan rata-rata adalah 61,76 termasuk tidak tuntas KKM, sedangkan pada siklus II nilai hasil belajar berbicara aspek tema dan latar cerita adalah 2400 rata-rata 70,59 termasuk tuntas baru tercapai KKM dimana ada siswa yang masih belum tuntas KKM dan pada siklus III nilai rata-rata kemampuan bebicara siswa mencapai nilai 2630 dengan nilai rata-rata 77,35. Sedangkan pada tes berbicara aspek dialog, siklus I mencapai 2176 dengan rata – rata nilai 64,00 , pada siklus II mencapai nilai 2416 dengan rata – rata nilai 71,07 dan pada siklus III mencapai nilai 2616 dengan rata – rata nilai 76,94. Artinya pada siklus III kemampuan dan minat berbicara siswa meningkat dan ketuntasan klasikal mencapai 100%(2) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Metode Bermain peran termasuk kategori BAIK . Kata kunci: metode bermain peran ( Role Playing ) , kemampuan dan Minat berbicara siswa.