KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KANTOR LAYANAN OPERASIONAL KABUPATEN LEBAK
Main Authors: | INDRAYANI, AMELIA, Budiati, Ayuning, Yusuf, Maulana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/722/1/AMELIA%20INDRAYANI%206661112416%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/722/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- AMELIA INDRAYANI, NIM. 6661112416. Kualitas Pelayanan Pendaftaran Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Kantor Pelayanan Operasional Kabupaten Lebak. Program studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Dr. Ayuning Budiati, S.IP, MPPM. Pembimbing II Maulana Yusuf S.IP, M.Si. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Badan Penyelenngara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pendaftaran peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor layanan operasional Kabupaten Lebak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelayanan pendaftaran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor layanan operasional Kabupaten Lebak ditiinjau dari dimensi Tangibles,Reliability, Responsiveness, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Commucatiin, Understanding the customer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 109 responden. Responden dari penelitian ini adalah masyarakat yang mendafarkan diri sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor layanan operasional Kabupaten Lebak. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Untuk pengolahan dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t-test, dan uji pihak kanan. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan pendaftaran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor layanan operasional Kabupaten Lebak kurang baik. Hal itu dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (6.56 > 1.658) yang didukung dengan hasil pencapaian skor 10517, nilai yang diperoleh masuk pada katagori baik dan kurang baik, namun lebih mendekati kurang baik. Jadi kesimpulannya adalah kualitas pelayanan pendaftaran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di kantor layanan operasional Kabupaten Lebak kurang baik. Saran dari peneliti yaitu: pelayanan pendaftaran peserta BPJS kesehatan di Kabupaten Lebak lebih di tingkatkan lagi, dimana tangibles diperhatikan lagi.