INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN PASAR RANGKASBITUNG OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN LEBAK

Main Authors: HUMAEDI, AGUS, Sjafari, Agus, Stiawati, Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/720/1/INDEKS%20KEPUASAN%20MASYARAKAT%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/720/
http://ane.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Agus Humaedi. NIM. 081072. 2015. Skripsi. Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pengelolaan Pasar Rangkasbitung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Dr. Agus Sjafari, M.Si., Pembimbing II Titi Setiawati, M.Si. Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pengelolaan Pasar Rangkasbitung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak merupakan manifestasi dari penilaian masyarakat akan keberhasilan pengelolaan pasar oleh pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas pengelolaan Pasar Rangkasbitung oleh Disperindag. Grand Theory penelitian ini menggunakan Kepmenpan RI Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tanggal 24 Februari 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pengelolaan Pasar Rangkasbitung masih rendah, dengan nilai IKM sebesar 2,13 atau masuk kategori kurang baik. Oleh karena kededapan Pasar Rangkasbitung harus dikelola dengan perbaikan sarana prasarana, retribusi yang jelas dan menata pedagang kaki lima dan emperan dengan menyediakan lokasi yang strategis. Sehingga minat masyarakat berkunjung ke Pasar Rangkasbitung sebagai pasar tradisional makin meningkat. Kata Kunci : Kepuasan, Pengelolaan, Pasar