STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH PASAR KOTA TANGERANG DALAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR ANYAR KOTA TANGERANG

Main Authors: Anggriani, Shara, Waseh, Hasuri, Nugroho, Kandung Sapto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/716/1/STRATEGI%20PERUSAHAAN%20DAERAH%20PASAR%20KOTA%20TANGERANG%20DALAM%20PENATAAN%20PEDAGANG%20KAKI%20LIMA%20DI%20PASAR%20ANYAR%20%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/716/
http://ane.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Shara Anggriani. NIM. 6661111249. 2016. Skripsi. Strategi Perusahaan Daerah Pasar Kota Tangerang dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Pasar Anyar Kota Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen I, Drs. Hasuri, M.Si.; Dosen II, Kandung Sapto Nugroho, S.Sos., M.Si. Penataan pedagang kaki lima merupakan upaya yang dilakukan untuk menata dan menertibkan pedagang kaki lima. Tujuan dari penataan pedagang kaki lima adalah untuk menciptakan keindahan kota sesuai dengan peraturan daerah. Perusahaan Daerah Pasar Kota Tangerang dalam penataan PKL dihadapkan oleh beberapa masalah, seperti kurangnya pengawasan kepada PKL yang nakal, Jumlah SDM dalam menangani PKL masih terbatas, belum ada pembinaan yang diberikan kepada pedagang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi PD Pasar dalam penataan PKL di Pasar Anyar. Penelitian ini menggunakan teori teknik analisis SWOT menurut Fred R. David. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan belum optimalnya strategi yang dijalankan oleh PD Pasar karena beberapa faktor yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal antara lain sumber pendapatan retribusi menjadi sepenuhnya hak pengelolaan PD Pasar dan adanya penolakkan dari PKL. Faktor internal antara lain jumlah SDM dalam menangani PKL masih terbatas, belum bisa merubah pola pikir dari PKL, belum ada pembinaan yang diberikan kepada pedagang. Saran penelitian agar strategi PD Pasar lebih optimal adalah memberikan kesempatan kepada PKL ikut terlibat dalam tahap musyawarah pada forum diskusi, mengadakan pembinaan kepada PKL dengan pendekatan yang persuasif dan mengadakan pusat jajanan di dalam Pasar Anyar. Kata Kunci: Penataan, Pedagang Kaki Lima, Strategi